Rabu, 21 Desember 2011

My Old Story For My New Life

"nama : irfandi bakhtiar ; ...; pekerjaan : mahasiswa..." begitulah yang kira-kira yang tertulis di KTP-ku. yup, sejak tahun 2009 aku adalah seorang mahasiswa di salah satu perhuruan tinggi negeri di Purwokerto, sebut saja universitas jendral soedirman. universiitas yang memiliki pangkat tertinggi dibandingkan universitas lain yang ada di indonesia, karena universitasku berpangkat jendral, hehehe...begitulah dosenku berkelakar soal universitasku. namun prestasi universitas berpangkat jendral ini masih kalah dari universitas yang berpangkat lebih rendah, seperti universitas yang berpangkat patih, dan yang bergelar pangeran, tambahnya. di universitas ini aku ambil fakultas ekonomi, jurusan mamajemen S1. dan semua itu terjadi secara gak sengaja, karena emang sebenernya jurusan itu bukanlah jurusan yang aku idamkan selama ini, karena aku lebih ngarep bisa ambil disain grafis. tapi keinginan untuk menjadi seorang disaner grafis harus pupus karena tidak mendapat restu dari orangtua. yah, mau bagaimana lagi, kalo orangtua udah gak merestui, dilanjutin juga gak bakal berkah, jadi saya nurut aja deh sama kemauan orang itu, itung-itung bikin seneng orang tua, hehehe...iseng-iseng ikut seleksi nasional dan ambil jurusan yang sesuai dengan keinginan orangtua, dan iseng-iseng juga ngerjain soalnya, tau-tau pas pengumuman (alhamdulillah) aku diterima, gak kebayang deh waktu itu gimana senengnya bapak-ibuku. 

satu semester berlalu, aku masih belum bisa beradaptasi dengan baik sama lingkungan kampus. beradaptasi dengan baik?maksudnya?? yup, waktu itu aku cuma beradaptasi dengan jadwal kuliah yang gak full satu minggu, dan kadang sehari cuma 1 matakuliah aja, dan untuk ukuran anak SMA yang seneng kalo libur dan pulang cepet itu bagai hadiah yang gak terkira, hehehe... ditambah lagi dengan adanya peraturan yang membolehkan mahasiswa untuk "bolos" 3 kali, dan ujian yang boleh buka buku (open book), membuat kuliahku semakin asal-asalan. yang penting gak bolos lebih dari 3 kali, atau kalo mau bolos ya nitip absen sama temen, ujian berangkat, ngerjain soal, pulang, dan IP yang keluar bagus. tapi kenyataannya gak se-simple itu, di semester-semester awal ternyata IP-ku gak terlalu bagus, dan gek terlalu jelek juga sih, tapi kok rasanya gak seru aja kalo IP-ku gak kaya yang dibayangin sama orangtuaku. sebenernya orangtuaku gak masalah sama IP-ku yang biasa-biasa aja, karena orangtuaku tau kalo anaknya asal-asalah kuliahnya. orangtuaku bukannya gak peduli, tapi mereka pikir aku bisa bertanggungjawab sama apa yang aku lakuin. 

aku kira kebiasaan burukku bakal ilang seiring dengaan makin banyaknya semseter yang aku lalui, tapi ternyata enggak. sampe sekarang, sampe semeter 5 dan mau masuk semester 6, kuliahku tetep aja asal-asalan, malah bisa dibilang semakin parah. ini bisa diliat dari seringnya aku gak masuk kuliah, bahkan mulai dari semester 4 aku udah makin jarang nyatet apa bahan kuliah, paling banter juga fotocopy, itu juga kalo mau ujian aja. tugas, kebanyakan copypaste punya temen. emang sih, IP-ku dari semester 3 selalu naik tapi, kalo naiknya dengan cara seperti itu gak baik juga kalo diterusin. lebih lagi kalo keinget sama skripsi, sampe sekarang aku gak ada gambaran sama sekali sama yang namanya skripsi. gimana bentuknya, gimana bikinnya, apa yang mesti aku teliti buat bahan skripsiku natinya, dan semua tetek bengek soal skripsi. gak kebayang kalo aku terus-terusan kuliah asal-asalan gini, mau ngomong apa aku ke orangtuaku kalo aku lulus lebih dari yang ditargetkan orangtuaku?mau ngomng apa kalo abis selese kuliah hidupku malah makin susah?? sebenernya klise kalo aku ngomong mau berubah, dari semester-semester sebelumnya juga aku niat mau berubah, tapi nyatanya ya sama aja, malah lebih parah. 

nyesel sih kenapa aku mesti ikutin kemauan orangtua, dan gak ambil jurusan yang aku pengen dari awal. tapi apa iya, aku bisa jamin kalo aku tetep ambil disain grafis aku bakal rajin kuliah??apa kuliahku gek lebih asal-asalan lagi, wong kuliah yang deket sama orangtua dan selalu diawasi sama orangtua aja masih bisa asal-asalan, apa lagi kalo aku kuliah diluar kota?lebih ancur kali yah??

gak ada kata terlambat untuk jadi lebih baik, dan mulai dari sekarang aku mau jadi lebih baik. karena aku udah ambil keputusan buat turutin apa kemauan orangtua, jadi aku harus bertanggungjawab untuk wujudin apa yang orangtuaku mau sejak awal. toh nantinya apa yang aku lakuin juga buat aku sendiri kan. buat orangtuaku, maaf kalo selama ini aku belum bisa kasih yang terbaik buat kalian, aku janji bakal wujudin apa yang udah kita (aku dan kalian) impikan. khusus buat ibuku, selamat hari ibu, you're my everything....I LOVE YOU, :*. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar